Rabu, 14 Maret 2018

tari bidadari teminang anak

Tari Bidadei Teminang merupakan tarian yang berasal dari provinsi Bengkulu. Dimana dalam tarian ini sendiri tentu saja memiliki makna dan juga arti pada tarian ini sendiri, sehingga pada dasarnya kita dapat mengerti mengapa nama dari tarian tersebut bisa begitu. Tarian ini pun biasanya merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita pada zaman yang dahulu, dikarenakan pada zaman dahulu tidak ada iringan music yang seperti sekarang membuat tarian pada zaman dahulu tidak terlihat menarik dan terkesan kuno. Gerakan-gerakan dari tarian yang ada sekarang pun tidak lebih pastilah mengikuti perkembangan zaman yang dahulu, dimana seperti yang kita tahu gerakan-gerakan yang ada sekarang adalah merupakan pembaharuan dari gerakan-gerakan yang sudah ada terlebih dahulu pada masa nenek moyang kita.
Tarian yang ada di provinsi Bengkulu ini sendiri tentu saja memiliki keanekaragaman gerakan yang berbeda dan juga nama yang berbeda pastinya. Di daerah ini sendiri tarian yang biasa dikenal oleh kalangan masyarakat dan sering dilakukan ada event-event tertentu seperti penyambutan tamu agung, upacara perkawinan, upacara keagamaan ataupun yang lainnya. Tarian tersebut antara lain adalah Tari Andun, Tari Bidadei Teminang, Tari Rejang (Persembahan), Tari Ganau dan Tari Kejei. Dari beberapa tarian yang telah disebutkan tersebut tentu saja banyak sekali hal yang berbeda pada tarian tersebut, dari gerakannya sendiri maupun dari makna yang ada pada tarian itu sendiri.
Tarian-tarian yang seperti di atas sendiri sampai sekarang masih sangat eksis di dunianya sendiri, dan tidak jarang banyak sekali penari yang telah menguasai tarian tersebut mengajarkannya pada anak-anak didik mereka yang biasa mereka buka pada sebuah sanggar tari yang ada. Hal ini sendiri merupakan suatu ide yang sangat bagus, dikarenakan selain dapat menyebarkan hal yang positif kepada generasi yang muda selain daripada itu juga dapat terus menjaga dan melestarikan warisan budaya dari daerah kita masing-masing, karena seperti yang kita tahu banyak sekali Negara yang ingin mencuri warisan dan menklaimnya sebagai pemilik dari warisan budaya tersebut.
  • Tari Bidadei TeminangTarian Bidadei Teminang merupakan salah satu tarian yang berasal dari Provinsi Bengkulu, dimana seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa setiap tarian mempunyai maknanya masing-masing dan pastinya dapat kita simpulkan bahwa setiap tarian tersebut merupakan salah satu hal yang harus terus dilestarikan dalam hal budaya yang ada di provinsi itu tersebut, dengan adanya beberapa macam tarian pada daerah tersebut membuat daerah tersebut menjadi kaya akan budaya yang ada, dan tentu saja hal ini harus kita pertahankan karena seperti yang kita tahu Indonesia bukan saja mempunyai satu macam tarian daerah, tetapi ada banyak tarian pada setiap daerah, sehingga kita harus bangga dan juga melestarikan tarian pada masing-masing daerah yang kita tinggali sekarang ini.
Sumber;wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar