Rabu, 14 Maret 2018

tari tambun

Tambun dan bungai adalah para pejuang di Kalimantan Tengah. Tambun dan Bungai adalah tokoh legenda dari suku dayak ot Danum yang tinggal di tengah pulau Kalimantan, khususnya di wilayah Kabupaten gunung Mas.

Tambun dan Bungai adalah seorang saudara dari ayah mereka yang merupakan adik-kakak. Kedua orang ini, yaitu Tambun dan Bungai memiliki perasaan yang sama, yakni jika salah satu diantara dari mereka bersedih maka yang satunya akan ikut merasakan kesedihan yang sama dialaminya.Keduanya memiliki karakter serta sifat yang sama. Mereka juga memiliki watak yang cerdas, peramah, lemah lembut, suka menolong sesama, sedikit menerima banyak memberi, bijaksana, cepat kaki ringan tangan,  dan juga pantang menyerah untuk membela kebenaran.

Salah satu peristiwa penting yang menjadikan Tambun dan Bungai sebagai pejuang dari Kalimantan Tengah adalah mereka selalu menang didalam pertempuran melawan musuh yang akan merampas tanah dan juga panen masyarakat setempat.

Mereka kedua akhirnya mendapat gelar dari sang Nyai Undang raja di Pematang Sawang. Gelar ini adalah Tumenggung Tambun Terjun Ringkin Duhung dan juga Tumenggung Bungai Andin Sindai. Atas semua perjuangan Tambun dan juga Bungai, banyak orang yang menciptakan kebudayaan untuk mengenang dari Tambun dan Bungai, salah satunya ialah Tarian Tambun dan Bungai.

Sumber;wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar